Monday, March 19, 2012

Mengenal Pola Pikir Bob Sadino

1.Tentang Paradigma
Melihat paradigm lama yaitu: sekolah setinggi-tingginya, IP tinggi, juara, dapet kerjaan mapan, pensiun. Dan kebanyakan dari kita memang seperti ini, meskipun tidak salah sama sekali kita berfikir demikian. tapi sedikit demi sedikit saya mencoba untuk melepaskan belenggu paradigma lama, meski saya tetap melanjutkan kuliah dengan semampu saya.

2.Ada Fakta Menarik
Ada fakta yang sangat menarik di negeri ini:
(I) Ternyata agar sebuah Negara masyarakatnya hidup sejahtera diperlukan 2% dari penduduknya menjadi wirausaha.
(II) diprediksi tahun 2050 baru akan tercapai 5% penduduk Indonesia berwirausaha
(III) dan berdasarkan statistic yang saya dapat saat ini wirausahawan di Indonesia baru mencapai 0,24 % (untuk mencapai 2% kita perlu kira-kira 4 juta orang wirausahawan)
(IV) kondisi Negara lain yaitu Malaysia 3%, singapura 7%, jepang 7%, USA 12%
- Dan dari fakta diatas pikiran goblok saya menangkap sebuah poin : kalau suatu Negara
memiliki banyak wirausahawan tentunya semakin banyak tenaga kerja terserap, pengangguran berkurang, dan semakin cepat sirkulasi perputaran uang maka akan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat.

3.Keyword
 Ini adalah kata kunci untuk memulai berwirausaha adalah:
(I) Kecil dan sederhana
Mulai bisnis meski kecil yang penting halal dan tidak melanggar hukum.
(II) Konsisten
Lakukan terus menerus, jangan berhenti, karena kita akan cepat belajar dari kesalahan dan pengalaman.
(III) SEKARANG!!!
Jangan tunda sampai besok, apa yang telah ada dalam bayangan anda lakukan sekarang ( lebih extrimya kalo agan langsung tutup tread ini dan mulai kerjakan wirausaha apa yang ada di benak agan)
(IV) Poin ini adalah tambahan dari saya sendiri yaitu : Kembangkan !
Mengapa kata kembangkan juga menjadi sebuah kata kunci bagi saya, emm.. saya akan memberikan sebuah contoh : misal usaha kecil saya berjualan telur, saya ambil dari peternak saya jual ke warung, saya konsisten dan sudah dilakukan, next pertanyaanya mau sampai kapan saya jualan kayak gitu? Jelas sekali saya butuh berkembang, saya butuh ternak ayam sendiri, kalau bisa saya marketkan langsung tentu profit yang didapat lebih besar, saya buat warung telur, saya sewa pegawai, setelah sistem berjalan tentunya kita bisa kembangkan lagi atau rintis bisnis lain lagi. 

4.Motto Bisnis Nyleneh
Ini adalah kata- kata atau pola pikir si Bob yang unik:
“saya jualan cari rugi” kebanyakan orang akan menganggapnya aneh, tapi yang saya tangkap dari itu adalah sebuah kemenangan hati. Maksudnya seperti ini : kita jualan cari untung, pertanyaanya: apakah akan selalu untung?? Saya kira nggak selalu untung kan? Ada kalanya buntung juga. Gimana kalo dibalik: saya jualan cari rugi! Pertanyaanya apakah akan selalu rugi? Tentu saja akan ada untungnya.
-) intinya kalo jualan kita rugi ya nggak papa, wong emang rugi yang dicari, kita nggak perlu down ato frustasi, dengan begitu tentunya kita bisa konsisten, nah kalo jualan kita pas untung kan seneng banget, yang dicari rugi kok malah untung.. (tak perlu down di segala kondisi – kemenangan hati kita untuk menjaga konsistensi)

“kalo nggak mau sakit hati jangan berharap” maksudnya kita nggak perlu target taun depan setelah bisnis kita harus udah bisa beli jaguar, punya istri artis atau apalah.. kalo target kagak terpenuhi pastinya timbul kekecewaan yang bikin down mental..
Yang penting Just do it, dan biarkan yang kita dapatkan itulah yang kita dapatkan, tidak berorientasi pada hasil, hanya ingin menjalani proses semaksimal mungkin.  

0 komentar:

Post a Comment

comment as you like..