Thursday, March 29, 2012

Istilah-Istilah Sederhana Dalam Dunia Komputer dan Internet


Chat adalah Program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer  yang digunakan oleh pemakai untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara langsung tanpa ada waktu menunggu


Chating adalah interkasi (kirim/terima) pesan yang dilakukan di program chat Client: Komputer yang menerima data atau informasi yang telah diolah oleh server yang diperlukan oleh pengguna komputer

Banner adalah Iklan yang berbentuk gambar yang ditanyangkan di sebuah webpage

Dial-Up adalah Type koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon sebagai media transmisiDomain name: nama situs website pada internet. Contoh ingusnakal.com berarti domainnya ingusnakal

Download adalahTransfer data dari  situs web internet ke media yang ada di komputer client

E-commerce: istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet.

Email: Surat elektronik adalah program yang diaplikasikan ke dalam sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk mengirim pesan (tulisan/gambar/video) kepada user lain yang didalam atau di luar jaringan komputer tersebut


FTP adalah protokol yang digunakan untuk mengirim dan menerima data yang ada di internet


Hacker adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.


HTML adalah Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.


Http:// http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol  yang digunakan adalah http


Intranet : sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.


ISP (Internet Service Provider) adalah  lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
Login adalah otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


Logoff adalah tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


Modem adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya


Password adalah kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


Plugin adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.


Script adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.


Search Engine adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Googe, Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan Bing


Server adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.


Upload adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.


User pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


Virus adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin


Voice-mail  adalah sebuah program sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.


Web browser adalah program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.


Webmaster  adalah seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.


Web page adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.


Website adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.


 www atau sering juga disebut world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal

0 komentar:

Post a Comment

comment as you like..